28 Februari 2009

Negara dalam sebuah kota

NEGARA DALAM KOTA

Tersebutlah sebuah pulau dihamparan katulistiwa Indonesia, Terdapat sebuah kota yang didalamnya ada banyak Negara…. Mereka hidup layaknya masyarakat kota yang dinamis, sebuah komunitas kecil yang merupakan bagian dari Kota Banjarbaru dan merupakan bagian dari NKRI.
Yap…. Komplek Perumahan Balitra Jaya Permai Kelurahan Loktabat Utara Kota Banjarbaru…adalah potret unik berbagai macam Negara…mengapa demikian ?????? yu.. kita lihat dan simak berikut ini..
Komplek Perumahan Balitra Jaya Permai emang dapat dikatakan unik dan antik mengapa hal ini bila kita baca buku teori Terbentuknya sebuah Negara sungguh amat berbeda, sebuah Negara terbentuk karena adanya wilayah, rakyat dan pengakuan dari Negara lain… sedangkan Balitra Jaya Permai tidak demikian…teorinya.. ada Pak Maskar selaku Pengembang, ada nasabah yang beli rumah baik kontan maupun kredit melalui BTN atau Bank mandiri, jadi warga perumahan, Ada Pak RT dan terakhir ada Pengakuan dari pak Lurah Loktabat Utara maka jadi dah… trus hubungannya dengan Negara apa tadi… dikomplek Balitra jaya Permai banyak terdapat jalan-jalan kompleks yang membuka akses bagi warganya untuk pergi dan datang kemana pun.. nah jalan-jalan itu atas hasil rapat warga bersama Pak RT dibuatlah panamaan jalan dengan menggunakan nama-nama Negara, ada Abudhabi, Kuwait, Roma, Brunai, Bagdhad, Amsterdam, Brazil, Kairo dan lain sebagainya.. jadi jelaslah.. Negara dalam kota itu cuman ada di Kota banjarbaru yakni di Perumahan balitra Jaya Permai…
Mengapa Balitra Jaya Permai dapat dikatakan unik…
Dikomplek perumahan ini terdapat kurang lebih 250 s/d 300 kepala Keluarga, dan hampir 85 % warganya masih berusia muda dan kalaupun berusia tua kebanyakan dari mereka berjiwa muda lo.. dan hampir semua golongan pekerjaan ada disini…ada Kapolda, Kapolres, PNS, BPK, Pajak, Guru, pengusaha Batu Bara, Karyawan Swasta, pedagang, pengangguran dan lain sebagainya.
Ditempat ini semua jadi satu…warga Balitra Jaya Permai
Banyak hal yang menjadikan mereka menjadi satu kesatuan, apa itu…
“Olah raga” yakni memancing, Tennes, Sepak bola, Futsal, Badminton, dan bola vooly semua olah raga itu disenengi ama warganya… akan tetapi yang paling awet adalah “ maen Domino ”, nah…kalo permaenan ini ngga semua warga suka, ada komunitasnya nih…anggotanya lumayan banyak.. ada Pak Ennos, Agus Nocolin, Imam Ansyori, Pak hari, Gt. Erli, Gt. Suhaimi, teguh, Juned dan beberapa orang laennya… dulunya permaenan ini dibuat untuk mengusir sepi nya komplek karna waktu itu komplek belum serame sekarang.. udah hampir 300an rumah terisi, kalo dulu bisa diitung pake dua telapak tangan atau ngga nyampe 10. Sistem permaenan Domino, peserta 4 orang, putaran pertama mengikuti arah jam yakni dari kiri kekanan hingga permaenan selesai dan putaran selanjutnya berbalik arah yakni dari kanan kekiri, peserta yang kartunya mati dijepit satu buah jepitan jemuran pakaian dan yang mematikan turun satu buah jepitan jemuran tersebut, apabila salah satu pemain menyeratus maka ketiga pemain naik 10 jepitan dan apabila salah satu pemain mengguplah kepada pemain dibawahnya dan menang maka pemain tersebut turun 5 jepitan sedangkan yang kalah naik 5 jepitan

Dikompleks Balitra Jaya Permai selain terdapat Ketua RT, sekretaris RT, Bendahara dan Ketua Seksi-seksi tapi juga terdapat Kepala Jalur nah… ini yang ngga dipunyai oleh Komplek laen.
Kepala Jalur memiliki tugas mengayomi warga dijalurnya masing-masing, menarik iuran untuk kas RT, iuran Kas kebersihan juga mengantar surat dari Ketua RT ataupun undangan acara warga baik selamatan, aqiqah, ataupun perkawinan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar